Jumat, 05 Maret 2010

Next Generation ION dari NVIDIA

Pemakaian vga onboard pada netbook membuat NVIDIA sebagai perusahaan yang membuat chip kartu grafis tak ingin ketinggalan kereta. Jika sebelumnya vga onboard didominasi oleh Intel IGP maka NVIDIA 'turun gunung' guna meramaikan pasaran. Dibuatlah platform ION yang menyempurnakan tampilan grafis onboard yang telah ada.
Intel juga mengambil langkah dramatis dengan menyempurnakan Intel IGP-nya. Bahkan sedikit menutup ruang gerak platform ION dengan hadirnya prosesor Intel Atom N450 yang berpasangan dengan chipset NM10. Intel Atom N450 tak bisa disandingkan dengan chipset selain NM10. Selain itu dampak positifnya adalah peningkatan performa grafis onboard Intel yang cukup signifikan. NVIDia tidak tinggal diam. Mereka merespon dengan menghadirkan Optimus, sebuah teknologi yang mampu membuat sistem dapat mendeteksi aplikasi 3D atau video maka discrete GPU otomatis akan menyala. Begitu sebaliknya jika selesai dengan aplikasi 3D maka otomatis sistem akan beralih kembali ke onboard GPU.
Maka lahirlah Next Generation ION (NG-ION) untuk merespon Intel Atom N4xx yang juga tak terpisahkan dengan teknologi terbaru NVIDIA yakni Optimus. Namun yang agak disayangkan Optimus belum dapat diaplikasikan untuk Nettop.

(sumber: Hardwarecanucks dan nvidia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...