Kamis, 18 Maret 2010

Mouse Ergonomis Dari Mionix: Naos 5000

Tak tanggung-tanggung Hardware Secrets segera menobatkanya sebagai mouse no. 1 sebagai periferal game (hingga tulisan ini dibuat). Meski ada sedikit beberapa kekurangannya namun tetap saja dinilai dari beberapa aspek lainnya, Naos 5000 merupakan mouse pilihan yang tepat untuk bermain game. Sebagai konsekuensinya tentu harus dibayar dengan harga yang cukup mahal, yakni sekitar US$89.99. Bagaimana dengan performa sesungguhnya?
Naos merupakan nama bintang yang paling terang di gugusan Milky Way, Naos Zeta Puppis. Mungkinkah seterang performanya? Didesain hanya untuk user yang biasa menggunakan tangan kanan. Dengan kata lain tidak ada versi bagi user kidal. Bentuknya sangat ergonomis dengan peletakan posisi ibu jari maupun jari lainnya yang sangat nyaman. Tersedia (sebagaimana umumnya) scroll back/forward yang dilengkapi dengan 3 buah lampu LED yang berfungsi juga sebagai indikator setting dpi yang sedang digunakan. Di balik tombol scroll (bagian bawah mouse) terdapat tombol sensitivitas. Bagian bawah mouse itu sendiri dilapisi dengan teflon berikut sistem penyesuaian berat (weight adjustment system). Manfaat sistem penyesuaian berat agar didapat keseimbangan yang mantap. Pada bagian tengah di balik mouse terdapatlah sensor 5040 dpi laaser yang dikelilingi dengan logo Mionix. Jack USB yang digunakan pun berlapis emas untuk menjamin kestabilan koneksi.
Untuk set-up konfigurasi mouse ini harus menggunakan software yang dapat di-download (berikut manual-nya) pada situs Mionix. Dengan tool semacam S.Q.A.T - Surface Quality Analyzer Tool merupakan salah satu kelebihan mouse ini. Cara set-up nya pun relatif mudah. Tombol-tombol yang ada di mouse dapat disetting ke dalam 5 buah profile (work, game, atau apapun namanya yang diberikan oleh user) serta disimpan ke dalam 128KB built-in memory mouse. Akan tetapi setiap akan berganti profile user harus masuk ke software-nya dahulu sehingga sedikit merepotkan.

Spesifikasi Mionix Naos 5000:
Gaming-grade right-handed laser mouse
Assignable functions: 7
24 options for LED lights
128 KB on-board memory
Tracking Resolution: up to 5,040 dpi (user selectable in 3 stages)
Maximum velocity: 5.1 m/s 200 IPS
Acceleration: 30 G
10.6 megapixels/sec image processing
Approximate size: 5.15" x 3.33" x 1.52" (130.84 x 84.72 x 38.67 mm)
Weight: 5.6 oz. (158 g, with cable), 3.7 oz. (106 g, without cable), adjustable to up 1.4 oz. (40 g) more
Gold-plated USB connection
Cloth-wrapped cord
More information: http://www.mionix.net/
Harga sekitar: US$89.99
(sumber: Hardware Secrets-André Gordirro dan Mionix)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...