Rabu, 17 Maret 2010

Mini Wide-Aplikasi Netbook Friendly

Pengguna netbook yang notabene lebar layarnya sangat terbatas tentu sangat menghargai setiap pikselnya. Mungkin secara tidak sadar karena setiap piksel yang ada pada layar akan mengakomodir halaman web/ aplikasi yang dimuat. Singkatnya, semakin banyak yang dimuat dalam halaman web/ aplikasi semakin minim yang akan terlihat di layar netbook. Aplikasi Mini Wide dapat sedikit mengurangi ketidaknyamanan tersebut, utamanya dalam melihat akun email GMail.
Bentuknya berupa script yang akan meminimalkan navigasi dan iklan di akun GMail. Script Mini Wide akan menambahkan shortcut "netbook mode" sehingga hanya fokus kepada pesan yang ada di inbox. Mirip dengan aplikasi Facebook Lite yang hanya menampilkan fungsi pokok dari situs jejaring sosial Facebook.
Perlu diperhatikan adalah script Mini Wide diinstall melalui browser Firefox atau Chrome. Bila via Firefox maka dibutuhkan add-on Greasemonkey.
Sedangkan Chrome sudah support install userscript langsung sebagai ekstension. Arahkan saja browser Chrome ke home page-nya lalu klik install. Setelah ter-install cukup tekan tombol "w" untuk beralih ke mode default GMail atau netbook mode. Akibat minimnya navigasi, user harus pandai menggunakan keyboard shortcut guna menggantikannya. Semoga bermanfaat dan membantu.

Download Better GMail: Mini Wide via gHacks

(sumber: Lifehacker-Adam Pash)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...