Sabtu, 06 Februari 2010

Tips Memilih Laptop

Prioritas utama yang harus dipertimbangkan adalah untuk keperluan apakah laptop dan variannya akan sering digunakan. Sebabnya tidak lain begitu banyaknya pilihan yang tersedia saat ini. Mulai dari yang kecil hingga besar serta kokoh sebagai pengganti desktop pc. Belum lagi variasi harga, fitur dan kinerja.
Secara garis besar laptop dapat dibagi menjadi empat varian, yakni: netbook, ultraportable, all-purpose laptop dan pengganti desktop pc. Nah, dengan pertimbangan untuk keperluan apakah laptop itu dibeli maka dapat dilihat kira-kira termasuk kategori manakah laptop yang diinginkan.

Netbook
Bentuknya yang kecil (rata-rata layarnya 6"-10") dan bobotnya yang ringan (sekitar 1,5 kg) membuatnya mudah dibawa travelling. Cocok untuk aktivitas ringan, seperti membuat catatan dan web surfing. Daya tahan baterainya kurang lebih 6 jam. Varian netbook sangat jarang yang mempunyai drive optik (CD/DVD). Resolusi layarnya maksimal di kisaran 1280x768, terbatasnya RAM (rata-rata hanya 1 GB) dan kemampuan prosesor (kebanyakan menggunakan Intel Atom) akan membuat proses editing foto dan spreadsheet (MS Excel) akan sangat menjengkelkan. Bahkan beberapa situs, game flash dan aplikasi ada yang tidak sempurna ditampilkan/ tidak berjaan sama sekali.
Harga berkisar antara $300-$400.
Kesimpulan
Netbook baik untuk aktivitas ringan, web browsing, word prosesor. Untuk streaming video, edit foto atau multi tasking (menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan) akan terasa berat. Kalau suka game jangan berharap bisa main game 3D

Ultraportable
 Ramping dan ringan. Sedikit di atas netbook. Layarnya sekitar 11"-14" dengan berat rata-rata 3-4,5kg. Daya tahan baterai sekitar 4-6 jam. RAM yang tersedia berkisar 2-4 GB. Prosesor yang digunakan sudah dual core, baik Intel maupun AMD. VGA masih onboard namun masih mampu menjalankan game 3D sederhana. Drive optik lebih banyak varian yang menyediakannya. Mampu multi tasking. Proses editing foto, streaming video dan bekerja dengan spreadshet sudah lebih mulus dilakukan. Harga Ultraportable di kisaran $600-$800 tetapi ada juga yang sekitar $1,000 dengan model super tipis dan layar lebih lebar.

All-Purpose Laptop

Laptop di kategori ini kemampuan rata-ratanya sudah mendekati desktop pc. Cukup powerfull melakukan semua pekerjaan namun cukup portable untuk dibawa kemana-mana.
Lebar layarnya rata-rata 14"-16", dan berat umumnya 2,5-4 kg. Prosesor yang digunakan sudah dual core bahkan ada yang quad core. RAM yang tersedia kurang lebih antara 4-8GB. Urusan grafis ada yang VGA onboard tetapi ada juga yang memakai add-on VGA, sehingga game 3D terbaru sanggup dimainkan. Optikal drive mulai dari CD hingga Blue Ray dengan HDMI output pun tersedia. Kapasitas harddisk hingga 1TB juga mampu ditangani. Opsi touch screen juga tersedia. Semua tersedia sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.
Konsekuensi spesifikasi yang tinggi (layar lebar dan prosesor yang powerfull) membuat daya tahan baterainya menjadi singkat. Umumnya tahan hingga 2-5 jam. Main game dan wi-fi juga sangat menguras baterai dibanding web surfing.
Kisaran harganya tergantung spesifikasi laptop, ulai dari $400 sampai dengan $1,500 atau lebih.

Laptop Pengganti Desktop PC
Varian laptop dengan kasta tertinggi. Sangat powerfull tetapi masih bisa dibawa, tetapi kurang cocok untuk dibawa bepergian sehari-hari (ukuran umumnya lebih besar dari backpack). Lebar layarnya mulai 16"-18,4". Prosesor yang digunakan biasanya dari prosesor kelas atas baik yang dual-quad core. Discrete chip VGA dari ATI atau nVidia. Minimal di varian ini RAM yang tersedia adalah 4GB. Harddisknya mulai 500GB hingga 1TB. Sangat cocok untuk Gamer dan Profesional yang membutuhkan CPU dan GPU (editing video, grafis dan engineering) di atas standard laptop biasa.
Lagi-lagi dengan spesifikasi tingginya maka daya tahan baterai pun menjadi minim yakni dapat kurang dari 2 jam. Harganya? Berada pada kisaran $1,000 hingga $2,000 bahkan ada yang lebih, sesuai spesifikasi.
(sumber: pcworld.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...