Minggu, 07 Februari 2010

Smartphone: New Motorola Droid

Droid merupakan kerjasama 3 perusahaan besar, Motorola, Google dan Verizon. Motorola Droid adalah ponsel Motorola yang menjalankan sistem operasi Google Android di jaringan selular Verizon. 

Keypad dan Kontrol
Termasuk keluarga smartphone touchscreen dengan layar LCD 3,7" dengan resolusi 854x480. Ada 4 key utama pada layar, Back Key, Menu Key, Home Key, dan Search Key. Ukurannya 11,58x6,0x1,37 cm dengan berat 169 gram.
Keyboard tersembunyi di balik layar dan jika ingin digunakan, geser slide dan otomatis orientasi layar pun berubah menjadi horizontal. Masalah umum pada smartphone juga ada pada New Motorola Droid ini, keypad sangat kecil tetapi sangat responsif.
Tombol power dengan fungsi: on-off-sleep, diletakkan di bagian atas. Di sampingnya terletak headset jack standar 3,5 mm.
Pada sisi samping kiri Droid terdapat mini-USB jack untuk charging dan/atau koneksi ke komputer. Sedangkan tombol kamera dan volume diletakkan di sisi kanan. Lensa kamera 5 megapiksel dan speaker yang mumpuni diletakkan di bagian belakang, bersama dengan baterai.  Menurut Sandy Berger:hardwareserets.com kualitas video dengan resolusi 720x480 dan 25 fps (frame per second) yang dihasilkan Droid lebih baik daripada smartphone lain pada umumnya.

Menelepon, Surfing & GPS
OS yang dibesut adalah Android 2.0 dengan ARM Cortex-A8 prosesor. Mendukung wi-fi, sms dan mms. Masih menurut Sandy, kemampuan 3G Droid yang dikawal oleh Verizon lebih cepat menyampaikan informasi yang dibutuhkan dibanding iPhone. Yang agak ribet adalah beberapa fungsi aplikasi terasa tersembunyi. Misal, untuk menghapus aplikasi harus ke Setting-Application-Manage-baru cari aplikasi yang ingin dihapus, baru-Uninstall. Tetapi untuk urusan web surfing boleh diacungi jempol karena kecepatannya. Mendukung JavaScript dan DHTML tapi tidak Flash. Beberapa aplikasi Google, diantaranya Google Voice Search dan Navigation Map juga didukung. Fasilitas GPS yang dimilikinya pun seperti lebih baik daripada yang dipakai iPhone.

Multimedia & E-mail
Format audio yang didukung antara lain WMA, AAC, MP3, WAV, dan OGG. Sedangkan untuk video MPEG4 dan WMV. Dengan microSD card 16 GB pada paket penjualan, lumayanlah. Slotnya terletak di samping baterai.
Akun email yang didukung hampir semua POP/IMAP email account, seperti GMail dll. Tak ketinggalan Facebook tentu saja.
Satu hal yang cukup mengganggu adalah Droid digunakan melalui akun GMail yang kita punya. Pilih akun secara teliti karena jika dihapus maka settingan yang sudah dibuat juga ikut terhapus.
Jenis aplikasi yang tersedia untuk Droid cukup banyak dan terus bertambah. Dapat diakses langsung melalui Droid. Terakhir yang tidak kalah penting adalah efisiensi pemakaian baterai standar seperti pada umumnya smartphone.

Spesifikasi
Dimensi: 4,56 "x 2,36" x 0,54 "(11,58 x 6,0 x 1,37 cm)
Berat: 5,96 oz (169 g)
Processor: OMAP3430 - 600 MHz ARM Cortex A8
Baterai: Li-ion 1400 mAh
Otonomi: Standby 450 jam, waktu bicara 420 menit
Display: 3.7-inch layar sentuh yang sensitif dengan resolusi 854 × 480 piksel, kedalaman warna 16 juta.
Ukuran layar: 1 51/64 "x 3 13/64" (45,72 x 81,34 mm)
Memory: 512 MB ROM, 256 MB RAM
Memory slot: microSD / microSDHC
Kamera: 5.0 megapixel dengan autofocus dan perekam video
Konektivitas: USB 2.0, 3.5 mm audio jack, Bluetooth 2.0 + EDR, Wi-Fi
Format audio yang didukung: AMR-NB/WB, MP3, PCM / WAV, AAC, AAC +, eAAC +, WMA
Format video yang didukung: MPEG-4, H.263, H.264, WMV
Informasi Lebih Lanjut: http://www.verizonwireless.com/droid
Harga berkisar: $199,99
(sumber: hardwareserets:Sandy Berger;verizonwireless.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...