Senin, 28 Juni 2010

Tips: Security-Cara Orang Membajak (Hack) Akun Facebook

Penulis tidak bermaksud menggurui, hanya sekedar berbagi informasi agar user lebih berhati-hati. Mengapa demikian? Karena bagi sebagian besar orang teknik yang satu ini boleh dikatakan teknik yang sudah basi. Hanya tool yang digunakan sedikit lebih canggih. Tool yang digunakan & dibahas dalam artikel ini adalah keylogger. Keylogger sendiri kurang lebih berarti software perekam apapun yang diketik user di keyboard. Keylogger yang sedang naik daun saat ini adalah Emissary Keylogger. Dikatakan demikian karena sifatnya yang relatif mampu lolos dari hadangan anti virus.
Setelah orang men-download Emissary Keylogger maka ia akan segera membuat file 'server.exe' (dapat dimodifikasi dengan nama apapun). Fungsinya mengirimkan rekaman ketikan keyboard di komputer korban ke alamat email user pengirim. Hasil rekaman inilah yang dipakai untuk maksud apapun oleh pengirim.
Cara user menginstal file 'server.exe' di komputer korban biasanya 'diselipkan' ke dalam file lain yang umum dikenal, misalnya file gambar (format jpg dll), file lagu (format mp3 dll) atau format apapun. Proses 'menyelipkan' file server.exe ke dalam file lain dilakukan dengan menggunakan software bantu. Umumnya adalah: Binder, crypter atau Fake Hacking Software. Setelah 'diselipkan' ke dalam file segera dikirimkan ke alamat email 'korban'. Oleh karena hampir semua domain email tidak mengijinkan pengiriman file berekstensi exe maka user (biasanya) akan meng-kompres file yang hendak dikirim  ke dalam format file kompresi (misalnya zip, rar dll). Begitu sudah terkirim dan file dimaksud dijalankan oleh korban, misal 'server.exe' diselipkan ke dalam format txt, file txt tadi dibuka di notepad maka proses instalasi 'server.exe' segera berjalan dan user yang mengirimkan tinggal menunggu hasil rekaman ketikan keyboard korban di akun email-nya. Dan sudah dapat ditebak apa yang akan ia lakukan.
Demikian tips ini penulis sajikan sebagai bahan masukan bagi kita semua agar lebih berhati-hati meng-klik file/ link yang tidak dikenal pengirimnya. Semoga membawa manfaat.
(sumber: googling)

1 komentar:

No SPAM please...