Rabu, 12 Mei 2010

Motherboard: VIA EPIA-M830 Support 64bit

Lagi-lagi sebuah mobo mini ITX penulis sajikan sebagai alternatif maupun penambah wawasan user sekalian. Di Indonesia VIA lebih dikenal sebagai pemasok chipset di mobo dan bukan sebagai produsennya bahkan jarang yang mengenalnya sebagai vendor prosesor. VIA EPIA-M830, mobo mini ITX VIA baru saja diluncurkan.
Meski ber-form factor mini ITX ternyata kemampuannya cukup menakjubkan karena VIA EPIA-M830 sudah support Operating System (OS) 64bit dan tentu saja berikut aplikasi lainnya. Jenis prosesor yang didukung tentu saja hanya dari VIA sendiri, yakni yang termasuk Nano E-Series. Fiturnya antara lain soket mini-PCIe, PCIe x4, konektor RS-232, 4 buah port USB 2.0, VGA out dan jack audio line in-out.
Paket penjualannya sudah termasuk prosesor VIA itu sendiri dan terdapat 2 opsi prosesor, yakni fanless (tanpa fan-tidak bising) 1.0GHz VIA Nano E-Series atau yang lebih powerful, 1.3GHz juga dari VIA Nano E-Series plus VIA VX800 media system processor dengan dukungan DirectX9 integrated graphics, crystal clear HD audio dan Gigabit networking. Memory yang didukung memang masih DDR2 dan support hanya hingga 2GB.
Info selengkapnya dapat dilihat di VIA EPIA-M830
(sumber: TweakTown-Steve Dougherty dan VIA.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...