Senin, 17 Mei 2010

Aksesoris: Combo Fan Controller Zalman ZM-MFC1

Aksesoris yang satu ini cukup bermanfaat, fan controller. Bila pc kita tidak dilengkapi dengan fan controller maka solusinya adalah dengan membeli sendiri dimana saat ini cukup banyak alternatif. Salah satu di antaranya adalah Zalman ZM-MFC1. Fitur yang dimiliki antara lain 5 buah channel independen, 4 menggunakan manual adjustment dan 1 lagi memakai dual kontrol (otomatis & manual-kompatibel dengan PWM fan).
Fan controller ini sangat sederhana namun fungsional. Hanya menggunakan potentiometer untuk mengatur kecepatan fan tanpa disertai dengan sensor temperatur dan tidak dilengkapi dengan suara alarm. Setiap channel hanya dilengkapi dengan 2 buah lampu LED, biru dan merah. Warna biru mengindikasikan fan berputar pada kecepatan rendah, ungu (lampu biru & merah menyala bersamaan) berarti fan di kecepatan medium sedangkan warna merah artinya kecepatan fan di putaran penuh.
Paket penjualannya terdiri dari: controller-nya itu sendiri, manual, sekrup instalasi dan kabel ekstension untuk fan. Instalasi Zalman ZM-MFC1 adalah di bay 5.25 inci. Fitur selengkapnya sebagai berikut:
* Front Panel: aluminum.
* Temperature sensors: none.
* Fans controlled: Six, with five independent channels.
* USB ports: None.
* e-SATA ports: None.
* Used bays: one, 5 ¼".
* Maximum fan power: 7 W per channel.
* More information: Zalman ZM-MFC1
* Average price in the US*: US$48.00
Hardware Secrets menganugerahinya Silver Award. Kendala yang menggagalkannya memperoleh Golden Award adalah hanya soal harganya yang relatif mahal untuk sebuah fan controller tanpa fitur tambahan.
(sumber: HardwareSecrets-Rafael Otto Coelho & Zalman.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...