Senin, 31 Mei 2010

Aksesoris: Asus 4-way SLI Xpander

Pernah membayangkan sebuah home pc menjalankan 4 buah kartu grafis sekaligus? Bisa jadi ini adalah impian bagi para maniak game dan pekerja grafis. Yang segera meluncurkan produk tersebut adalah Asus, sebuah vendor pc yang sudah sangat dikenal. Adapun aksesoris dimaksud diberi label "Asus 4-way SLI Xpander".
Ke 4 buah slot PCI Express digabungkan dalam sebuah PCB kecil (daughterboard). Daughterboard ini ditujukan sebagai aksesoris mobo Asus Rampage III Extreme dan dilengkapi dengan 2 buah chip NVidia NF200. Daughterboard dihubungkan dengan kedua slot PCI Express yang ada di mobo Asus Rampage III Extreme. Fungsi kedua chip NVidia NF200 adalah agar mobo dapat berjalan dalam mode quad SLI.
 
Belum ada informasi yang dapat diperoleh bagaimana performa mobo Asus Rampage III Extreme bila dipasang Asus 4-way SLI Xpander serta yang paling pokok adalah performa grafis-nya. Belum lagi masalah klasik mengatasi panas yang ditimbulkan, utamanya bagi chip NF200. Daughterboard itu juga membawa beberapa konektor power yang tentunya akan menyedot power melalui kedua slot PCI Express di mobo Asus Rampage III Extreme. Apakah power yang tersedia mencukupi bagi ke 4 kartu grafis yang terpasang dalam mode quad SLI masih menjadi tanda tanya. Masalah terakhir yang mungkin muncul adalah kemampuan casing pc memuat mobo berikut daughterboard. Namun demikian terobosan ini patut diapresiasi sehingga ke depannya mungkin dapat lebih baik.
 
Meski mobo Asus Rampage III Extreme sudah memiliki 4 buah slot PCI Express namun Asus tidak memasang chip NVidia NF200 (agar dapat berjalan dalam mode quad SLI) ternyata dengan alasan tertentu. Pihak Asus merasa bahwa jika chip NF200 dipasang di mobo maka performa grafis-nya justru akan menurun 1% hingga 2%.
Sebenarnya kompetitor Asus dalam memasarkan aksesoris daughterboard Asus 4-way SLI Xpander ini juga ada yakni mobo dari EVGA X58 Classified. Dengan demikian meski belum ada harga resmi yang dirilis namun diperkirakan bundel Asus 4-way SLI Xpander plus mobo Asus Rampage III Extreme tidak akan berbeda jauh dengan harga EVGA X58 Classified.
(sumber: bit-tech.net - Paul Goodhead)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...