Kamis, 01 April 2010

CPU Cooler: Cooler Master Hyper 212 Plus

Salah satu komponen penting komputer adalah CPU cooler. Tanpanya jangan harap komputer dapat beroperasi atau setidak-tidaknya berjalan dengan normal. CPU cooler yang akan dibahas dalam artikel ini adalah Cooler Master Hyper 212 Plus. Dilengkapi dengan fan 120-mm serta 4 buah heatpipe yang bersinggungan langsung dengan cpu. Harganya sekitar Rp.283.000,- di salah satu toko komputer di Jakarta. Relatif murah bila dilihat nama besar Cooler Master maupun jika dibandingkan produk sejenis dari merek ternama lainnya.
Fitur utamanya antara lain:
* Application: Socket 775, 1156, 1366, AM3, AM2+ and AM2 processors.
* Fins: Aluminum.
* Base: Aluminum, with heatpipes in direct contact with the CPU.
* Heat-pipes: Four U-shaped copper heat-pipes.
* Fan: Up to two 120 mm (one included).
* Nominal fan speed: 2,000 RPM.
* Fan air flow: 76.8 CFM.
* Maximum power consumption: 4.32 W.
* Nominal noise level: 32 dBA.
* Weight: 1.44 lbs (626 g).
* Info lebih lanjut: http://www.coolermaster.com/
Paket penjualannya dilengkapi dengan antara lain: cpu cooler, petunjuk pemasangan, gray thermal compound dan perlengkapan lain untuk instalasi.
CPU cooler ini relatif lebih ringan dibandingkan produk sejenis dengan desain yang sama. Konektor yang digunakan adalah jenis 4 pin berarti juga dilengkapi dengan PWM pengontrol kecepatan otomatis. Jika dibutuhkan maka cpu cooler ini dapat ditambah dengan sebuah fan lagi. Instalasi cpu cooler ini agak sedikit menyulitkan. Dengan klip dan backplate yang sama baik untuk cpu Intel maupun AMD. Perlu sedikit kejelian dan kesabaran dalam pemasangannya.
Performanya masuk dalam kategori rata-rata tetapi fan yang digunakan adalah yang berkualitas baik dan cukup hening. Tidak adil rasanya jika dibandingkan dengan cpu cooler high-end. Dengan harga yang relatif murah maka ia layak memperoleh Hardware Secrets Bronze Award.
(sumber: Hardware Secrets-Rafael Otto Coelho dan CoolerMaster)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...