Kamis, 15 April 2010

Casing Hard Disk Eksternal: Rosewill RX358

Keberadaan USB 3.0 sudah semakin menjamur. Baik dari mobo yang menyediakan port-nya maupun berupa kartu ekspansi. Penyebabnya tidak lain tidak bukan adalah kecepatan transfer data yang dapat dilakukannya sangat meningkat secara signifikan dibanding USB 2.0. Rosewill, produsen periferal komputer tidak terkecuali, memanfaatkan USB 3.0 sebagai antar muka bagi casing hard disk eksternal mereka yakni Rosewill RX358.
Spesifikasi:
* Material: Full Aluminum Cover, metal tray
* Dimensions: 7.59" x 4.92" x 1.77"
* Internal Interface: SATA I/II
* Fan: 1 x 80mm cooling fan (Internal Tray)
* Model #: RX-358-U3B
* Item #: N82E16817182210
Paket penjualannya terdiri dari: casing-nya sendiri, kabel USB 3.0, adaptor AC, manual dan beberapa mur. Pada bagian atas casing terbuat dari aluminimum yang diberi lubang ventilasi sebesar 80mm yang diberi warna hitam. Sebagai penguatnya diberi mur model philip. Di bagian depan diberi warna hitam dilengkapi dengan 2 buah lampu LED (satu untuk power dan lainnya untuk menandakan aktivitas hard disk). Port USB 3.0 diletakkan di bagian belakang bersama dengan switch fan dan power serta 12V DC input. Sisi kanan dan kiri casing dilapisi plastik hitam.
Hard disk yang dapat digunakan pada casing ini hanya yang berjenis SATA I/II dan berkapasitas maksimal 2 Terabyte. Chip yang menjadi kontroler adalah buatan Taiwan, Asmedia ASM1051 (sebagai 'penerjemah'-penghubung antara antar muka SATA dengan USB 3.0). Fan pendingin yang digunakan berukuran 80mm.
Jika user lebih mengutamakan performa maka pilihan sebaiknya casing hard disk eksternal dengan antar muka eSATA. Tetapi jika ingin yang memiliki antar muka USB 3.0 maka produk ini merupakan pilihan bijak. Rosewill RX358 dihargai sekitar US$60.
Info selengkapnya dapat dilihat di Rosewill
(sumber: OCModShops-Alan McCloskey dan Rosewill)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...