Jumat, 26 Maret 2010

Prosesor AMD: Athlon II X4 620

Prosesor AMD dari dulu hingga kini sangat dikenal dengan kemampuan overclock-nya. Didukung dengan harganya yang relatif murah tetapi punya performa luar biasa membuatnya tetap menjadi prosesor favorit di kalangan enthusiast. Athlon II X4 620 memang bukan prosesor dari seri terbaru AMD. Sengaja diangkat dalam tulisan ini mengingat kemampuan overclock-nya di atas. Di pasaran Jakarta harganya sekitar Rp.945.000,-.
Athlon II X4 620 merupakan seri Athlon II quad core untuk mainstream. Berbeda dengan AMD Phenom II yang lebih ditujukan untuk pasar high-end. Meski kenyataannya saat ini harganya tidak terpaut jauh. Tidak berbeda dengan Phenom II, Athlon II juga support dual mode memory. Maksudnya prosesor ini mendukung modul memory DDR2 dan DDR3 sehingga user dapat lebih fleksibel dalam memilih motherboard. Karena baik Pheniom II maupun Athlon II dapat dipasang ke mobo dengan soket AM2+ yang 'cuma' support DDR2 sebelum upgrade ke mobo soket AM3 yang full support DDR3.
Perbedaannya terletak pada jenis cache memory dimana Phenom II punya L3 cache sedangkan Athlon II tidak. Konsekuensinya performa Athlon II sedikit di bawah Phenom II. Athlon II X4 620 berjalan pada clock 2.6GHz. Mari dilihat kemampuan overclock-nya.
Hardware yang dipakai untuk pengujian adalah sebagai berikut:
Mainboard ASRock M3A785GXH/128M
Memory: 2GB Kingston KHX12800D3T1K3/3GX
Hard Disk: Intel X25-M 80GB SSD
Graphics Card: GIGABYTE GTX285 1GB (flashed to stock BIOS)
Cooling: Cooler Master Hyper 212 (ditambah extra fan)
Operating System: Microsoft Windows 7 Ultimate 64-bit RTM
Drivers: ATI Catalyst 9.8

Dengan materi hardware tersebut di atas Athlon II X4 620 dapat di-overclock ke 3.9GHz! Sebuah hasil yang sangat signifikan. Bandingkan dengan kemampuan overclock Phenom II X2 555 Black Edition. Phenom II X2 555 Black Edition sendiri mempunyai clock 3.2GHz dan sekarang dihargai sekitar 1 jutaan.
TweakTown memberinya gelar Best Overclocking Award
Bagi yang ingin melihat review lengkapnya silakan klik TweakTown
Catatan penting bagi user adalah kemampuan overclock sebuah prosesor sangat tergantung kepada hardware dan sistem pendinginan yang digunakan dan kegiatan overclock dapat mengakibatkan kerusakan permanen terhadap komponen komputer.
(sumber: TweakTown.com-Cameron Johnson)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...