Sabtu, 20 Maret 2010

Cancel Perintah Print Secara Singkat

Melakukan pembatalan perintah "print" saat sedang berjalan maupun akan berjalan biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Seakan-akan tidak ada respon sama sekali. Ketika user mengira bahwa proses cancel sudah selesai dilaksanakan tanpa dinyana printer masih tetap berjalan dan mencetak apa yang sebelumnya user cancel. Hal ini disebabkan karena:Windows tak mampu melakukan pembatalan perintah print (cancel) sementara sedang dibuat temporary file untuk perintah pencetakan (print) oleh user. Solusinya adalah hentikan proses service spoolsv.exe melalui Task Manager (Ctrl-Alt-Del). Selanjutnya hapus perintah print yang ada di direktori C:\Windows\system32\spool\printers\. Kemudian restart service spoolsv.exe dan user dapat memulai perintah print yang baru. Cukup panjang dan berliku proses yang harus dilalui. Untuk mempersingkatnya dapat dengan menggunakan trik sebagai berikut:

Buat sebuah batch file menggunakan teks editor (Notepad). Kopi perintah berikut ini ke dalam teks editor dan save as "clearprintspool.bat"
@echo off
echo Stopping print spooler.
echo.
net stop spooler
echo deleting stuff... where? I'm not sure. Just deleting stuff.
echo.
del %systemroot%\system32\spool\printers\*.shd
del %systemroot%\system32\spool\printers\*.spl
echo Starting print spooler.
echo.
net start spooler

Jadi kapanpun user ingin menghentikan (cancel) proses print segera klik 2x "clearprintspool.bat". Tetapi bila printer user berada dalam sebuah jaringan dan statusnya adalah sharing (di kantor misalnya) tidak direkomendasikan membuat/memakai file batch ini. Karena perintah yang ada dalam "clearprintspool.bat" akan membatalkan (cancel) semua perintah print yang ada (bukan hanya user yang meng-klik perintah saja.
Semoga bermanfaat dan membantu.
(sumber:lifehacker-Adam Pash)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...