Rabu, 24 Februari 2010

Pilihan Halaman Awal Web Browser

Halaman awal atau Start Page merupakan halaman yang pertama kali muncul saat membuka web browser. Cara men-settingnya relatif mudah, lihat saja fitur Help dari Web Browser yang digunakan. Sebagian user tidak perduli dengan halaman awal yang digunakan tetapi sebagian lainnya memilih halaman tertentu. Berikut ada beberapa pilihan halaman awal yang umum dipakai.

Fav4.org (Free, Web-Based)
Fav4 adalah sebuah halaman awal yang tampil menawan dan minimalis. Cara membuatnya menjadi halaman awal cukup mudah, tanpa perlu registrasi terlebih dahulu. Klik Fav4.org lalu klik customize gear di bagian pojok kanan bawah. Muncul menu kustomisasi yang akan menawarkan 4 buah situs favorit yang ada pada daftar mereka atau juga dapat memintanya jika tidak terdapat dalam list mereka. Cukup drag-drop untuk memilih situs yang difavoritkan ke dalam bar kustomisasi. Selanjutnya situs favorit pilihan user akan tampak dalam bentuk Icon seperti terlihat dalam gambar di atas. Tertarik? Silakan coba saja langsung klik Fav4.org.

Chrome New Tab, Opera Speed Dial, Speed Dial for Firefox (Free, Browser-Dependent)
Opera mempelopori halaman awal dengan model 'speed dial' berdasarkan thumbnail (hingga 25 buah). Tujuannya tentu saja agar user punya akses yang lebih cepat menuju situs favoritnya. Saat ini model halaman awal seperti milik Opera sudah diaplikasikan di beberapa web browser 'besar'. Antara lain Google Chrome dengan model New Tab Page, yaitu situs-situs yang sering user kunjungi melalui web browser tersebut ataupun situs yang baru saja ditutup (close) akan ditampilkan dalam New Tab Page. Firefox membuat extension sendiri agar dapat menampilkan Speed Dial ala Opera.

iGoogle (Free, Web-Based)
Yang dimaksud iGoogle bukanlah halaman awal Google.com sebagai search engine. iGoogle adalah halaman awal yang dibuat berdasarkan widget iGoogle. Jadi halaman awal user dapat sangat bervariatif. Hampir semua layanan Google dapat dimasukkan termasuk GTalk, GMail, Google Calendar dan Google Reader. Bahkan layanan lain yang ada dalam daftar direktori iGoogle widget.

Custom (Free, Browser-Independent)
Dari namanya dapat diduga bahwa halaman awal ini merupakan hasil kustomisasi user. Penggemar 'readers' tidak ingin halaman awal web browsernya hanya hasil dari sebuah produsen tertentu, dan ingin membuat sendiri halaman awal yang sesuai dengan kebutuhan mereka sebagai user. Jadi halaman awal ini lebih ditujukan bagi mereka yang senang dengan 'readers'.

about:blank (Free, Browser-Independent)
Yang terakhir adalah Halaman Awal yang tidak menampilkan apa-apa. Sesuai dengan nama dan alamatnya: about:blank. about:blank sendiri merupakan kode universal untuk "menampilkan dokumen kosong HTML". Tidak sedikit user yang memakainya sebagai Halaman Awal. Alasannya bermacam-macam. Di antaranya adalah web browser dapat tampil lebih cepat (karena tidak perlu memuat halaman awal) dan hemat bandwith.
Demikian pilihan yang dapat jadi alternatif bagi halaman awal web browser. Semoga bermanfaat dan membantu.
(sumber: Lifehacker.com)

2 komentar:

  1. jika browser di klik langsung ke web gimana gan?

    makasih,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru OL..
      klo mau browser di klik lsg msk web, ya di Start Page nya browser diisikan situs yg ingin ditampilkan saat meng klik browser..
      Semoga bermanfaat.. :)

      Hapus

No SPAM please...