Selasa, 23 Februari 2010

Membuat, Edit Dan Upload Dokumen Ke Google Docs Menggunakan Nocs

Google Docs merupakan layanan google untuk penyimpanan dokumen  secara online. Bagi mereka yang sering membuat, mengedit dan meng-upload dokumen teks-nya ke Google Docs maka aplikasi ini merupakan alternatif yang baik. Dengan fungsi Notepad-nya plus opsi upload-download ke Google Docs adalah solusi yang menarik.
Program Nocs adalah freeware yang dapat melakukan fungsi upload-download ke dan dari google Docs. Dimungkinkan karena ia menggunakan Nocs uses Google Document API (App programming interface) untuk melakukan sinkronisasi dokumen (secara real-time) dengan Google Docs, seperti sinkronisasi dalam GMail online-offline.
Antar muka software ini cukup sederhana tetapi dengan fungsi yang mirip dengan Notepad-nya windows. Jadi, user dapat download dokumen dan melakukan editing file yang ada di Google Docs secara offline (untuk menghemat bandwith internet) kemudian meng-uploadnya kembali. Untuk menjalankannya user tentu harus memiliki akun Google Docs (sama dengan akun GMail).
Buka Nocs dan arahkan mouse ke File dan klik New lalu buat dokumen yang diinginkan. Selanujtnya upload ke Google Docs. Untuk meng-edit dokumen tadi klik ‘Browse Google Docs’ lalu pilih dokumen yang ingin di-edit secara offline. Untuk men-download-nya klik Load.
Demikian kira-kira cara pemakaiannya. Meskipun menawarkan kemudahan tetapi mungkin masih ada 'bugs' dalam program Nocs ini karena ia masih dalam tahap 'beta'. Semoga bermanfaat.
Info lebih lengkapnya silakan klik code.google.com
Jika ingin langsung download Nocs, klik nocs.googlecode.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...