Minggu, 21 Februari 2010

Operating System Pilihan Untuk Netbook

Netbook sebagai mini notebook yang irit daya serta minimalis keberadaannya sudah sangat populer di masyarakat. Oleh karena sifatnya minimalis maka umumnya kemampuan OS (Operating System) pun sangat terbatas.  Untuk 'mengakalinya' butuh OS yang mumpuni. Berikut beberapa OS (Operating System) yang patut dijadikan pertimbangan, diantaranya:

Jolicloud (Linux-based, Free)
Ditempatkan pada urutan pertama karena OS ini memang orientasinya adalah untuk netbook. Jadi secara basic memang dibuat khusus sebagai OS netbok. Jolicloud dasarnya adalah linux. Merupakan kombinasi antara distro Debian dan Fedora Linux. Dilengkapi pula dengan WINE (sistem yang memungkinkan dijalankannnya program berbasis microsoft windows dalam platform linux). OS Jolicloud dirancang sedemikian rupa, dengan tweak dan tune up, agar dapat berjalan apik meski minim resource dan layar yang kecil. Pengorganisasian aplikasi sangat baik dilakukan oleh application launcher. Membuat user mudah mengenali teks dan logo aplikasi yang jika di klik secara default akan tampil dalam mode full screen. Jika ingin aplikasi tambahan (di luar default) dapat memilihnya di direktori aplikasi. Tim dari Jolicloud sudah menyediakannya agar tidak terjadi masalah kompatibilitas. Cara penginstalan OS ini sangat mudah dan cepat dilakukan melalui Windows.

Windows 7 (Windows, $165 for Home Premium)
Masalah cepat habisnya baterai netbook akibat begitu banyak fitur yang dimuat oleh OS Windows XP tampaknya sudah diperbaiki oleh Windows 7. Kelebihan utama Windows 7 adalah, suka tidak suka, pemakai OS Windows masih merupakan yang terbesar di dunia. User yang sudah terbiasa tersebut menjadi lebih familiar dengan fitur-fiturnya.

Ubuntu (Linux, Free)
Keunggulan Ubuntu terletak pada kecepatn OS ini berjalan dalam sistem meski dengan spesifikasi minim. Baik pada versi Ubuntu reguler maupun versi netbook remix. Ubuntu juga merupakan salah satu distro linux yang paling dikenal di dunia sehingga cukup mudah diterima oleh user.

OS X (Mac, $24)
Sangat cocok bagi user yang terbiasa dengan MacOS meski cara penginstalannya tidak semudah Windows maupun Linux. Apple sebagai produsen OS X tidak mendukung instalasi OS X pada hardware yang bukan buatan mereka. Akan banyak menjadi masalah terhadap chip Wi-Fi dan webcam.

Linux Mint (Linux, Free)
LinuxMint merupakan distro linux yang sangat baik dalam aksesibilitas dan banyak memudahkan user pemula. OS ini sangat ringan dijalankan dan punya cukup banyak aplikasi yang dapat diakses di repositori Ubuntu. Jenis hardware terbaru sudah banyak didukung.
Last but not least, cari tahu apakah OS yang akan dipilih sudah mendukung hardware yang ada atau akan ada (rencana akan anda beli di masa akan datang) di netbook. Semoga membantu dan bermanfaat.
(sumber: lifehacker.com;jolicloud.com;microsoft.com;ubuntu.com;apple.com;linuxmint.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...