Senin, 22 Februari 2010

Modul Memory: G.Skill ECO PC3-12800 CL7

G.Skill International Co.Ltd. didirikan 1989 di Taipei, Taiwan. Jenis produknya antara lain extreme performance memory dan solid-state storage. Menindak-lanjuti tema dunia 'go-green', G.Skill mengeluarkan modul memory seri ECO. Efisiensi telah dimulai dengan konsumsi power yang minimal dari prosesor. Tak mau kalah, G.Skill pun merilis modul memory seri ECO yang juga hemat daya.
Seri ECO dari G.Skill memang didesain minimalis dengan heatsink berwarna abu-abu yang sederhana. Tetapi modul dan logonya sendiri tetap apik dengan warna silver. Keuntungan bentuk heatsink yang minimalis membuat user tak perlu khawatir soal tempat karena tidak akan berbenturan dengan heatsink prosesor.
Chip memory yang dgunakan memang bukan dari satu vendor. Ini yang menyebabkan timing G.Skil juga bervariatif. Ada yang mampu dngan timing 6-8-6 tetapi ada juga yang moderat dengan 7-8-7. Temperatur yang dihasilkannya juga relatif tidak panas. Efisiensi daya pun ternyata bukan isapan jempol. Dengan membandingkan modul memory lain pada tegangan 1.65v dengan kecepatan yang sama, ternyata ECO lebih hemat 8watt.
Dengan kombinasi kecepatan memory dan efisiensi daya tampaknya G.Skill ECO PC3-12800 CL7 patut dijadikan pilihan. Memang bukan yang tercepat di kelasnya karena target pasarnya adalah mainstream, yang tidak mementingkan fitur overclock. Tetapi lebih cenderung ke penghematan. Untuk pasar enthusiast, G.Skill punya seri sendiri, Ripjaws. Inovasi G.Skil terhadap modul memory ini patut diacungi jempol dan rasanya masih belum ada/banyak kompetitor.
Info produk G.Skil ECO PC3-12800 CL7: GSkill.com
Harga: Berada di kisaran $130
Manufacturer's Part Number: F3-12800CL7D-4GBECO
Warranty: Lifetime Warranty

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...