Kamis, 07 Januari 2010

Pentingnya Mengetahui Aplikasi Yang Menggunakan Koneksi Internet

Secara tidak sadar mungkin ada aplikasi yang menggunakan koneksi internet tanpa seijin kita. Misalnya: automatic update, malware, spyware, virus dan keylogger. Hal ini menjadi penting karena kebutuhan akan privacy dan security selama berkomputer.
Salah satu freeware yang dapat dimanfaatkan untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menggunakan koneksi internet tanpa seijin kita adalah TCP-View. Utility dari Microsoft Sysinternals. Saat dijalankan aplikasi tersebut akan menampilkan semua program yang terhubung ke internet, seperti tampak dalam gambar:
Koneksi internet yang sedang aktif ditandai dengan warna kuning sedangkan yang sudah tidak aktif diberi warna merah dan jika ada koneksi yang baru tersambung ditandai dengan warna hijau. Abaikan saja file SVCHOST.EXE (biasanya lebih dari 1) karena ia adalah program dari Windows yang berjalan di 'background'.
Demikian gambaran yang dapat diperoleh tentang program apa yang sedang menggunakan koneksi internet. Jika menemukan sesuatu yang mencurigakan (karena merasa tidak pernah meng-installnya) segera cari file-nya dan hapus. Namun jika ragu menghapusnya, tanyakan teman/ orang yang lebih paham.
Cara lain yang dapat ditempuh untuk mengetahui aplikasi apa yang sedang melakukan koneksi internet adalah melalui command prompt. Pada menu Start buka jendela Run dan ketik perintah "cmd" (tanpa tanda kutip) pada kotak yang tersedia lalu tekan Enter. Jendela 'command prompt' akan muncul dan ketik "netstat -a 2" (tanpa tanda kutip). Segera akan tampil semua aplikasi yang terhubung ke Internet, dan akan daftar di-refresh setiap dua detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...