Senin, 11 Januari 2010

Kemampuan UEFI Sebagai (calon) Pengganti BIOS

UEFI merupakan software antarmuka yang bekerja di antara operating system dan platform firmware. Dengan adanya shell maka user dapat menjalankan aplikasi melalui command prompt. Selain tentu adanya support terhadap driver, antarmuka dan services.
Sistem informasinya dibuat dalam bentuk tabel, satu berisi boot offer dan lainnya service yang akan dijalankan dalam operating system (runtime services). Boot service-nya mencakup inisialisasi, file services dan konsol untuk format teks serta grafis. Sedangkan runtime services meliputi tanggal, jam dan NVRAM services.Untuk memfasilitasi komunikasi antar-perangkat, driver UEFI melakukannya melalui protokol tertentu. Device driver environment UEFI dikenal sebagai EBC (EFI Byte Code), melakukan pengenalan (initialization) sekaligus menjalankan device driver. Dengan pengecualian hardware spesifik OS (dengan fitur dan requirement dukungan driver yang spesifik pula, misalnya kartu grafis high-end). UEFI pun menerapkan boot manager sendiri, sebuah software untuk penggunaan multi operating system. User dapat menginstall Windows pada Mac OS dengan aman tanpa khawatir.
Fitur Platform Initialization (PI) UEFI yang menawarkan Compatibility Support Mode (CSM) dapat menghasilkan antarmuka tambahan, termasuk untuk menjalankan BIOS! Cukup membantu manufaktur PC untuk mendukung kedatangan UEFI.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...