Senin, 07 Desember 2009

Validasi File Yang Di Unduh

Kali ini kita akan menelaah fungsi MD5SUM. Mungkin sebagian besar dari kita sudah tahu dan mengerti. Akan tetapi tidak ada salahnya dibahas karena bagi 'sebagian kecil' lainnya mungkin merasa penasaran.
MD5 adalah singkatan dari Message Digest versi 5. Algoritma MD5 adalah mengambil 'pesan' (the "message") dari sebuah file dan mencernanya ("the digest") serta mengubahnya menjadi kode, misalnya “ac30ce5b07b0018d65203fbc680968f5?. Hebatnya, algoritma ini akan berubah seiring terjadinya perubahan, meski cuma 1 byte dari file tadi. Boleh dikatakan MD5 merupakan sidik jari-nya sebuah file.
Algoritma MD5 punya banyak fungsi dan terpenting adalah kemampuan untuk memvalidasi file. Misalnya file X dipindah dari titik A ke titik B tanpa distorsi. Cara mengujinya adalah dengan menghitung MD5 string file X pada titik A kemudian menghitung kembali MD5 file X tadi ketika tiba di titik B. Bandingkan string-nya.
Selain MD5 ada juga algoritma lain yang umum dipakai, yakni SHA1. Cara bekerjanya sama dengan MD5. Perintah untuk menghitung SHA1 digest adalah SHA1SUM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...