Jumat, 01 Oktober 2010

Tablet PC: Komparasi Apple iPad, Samsung Galaxy Tab, BlackBerry PlayBook

Kehadiran BlackBerry PlayBook semakin meramaikan kompetisi di bidang tablet pc. Meski tak dapat dipungkiri bahwa Apple iPad masih menjadi market leader. Kali ini penulis ingin mengajak user sekalian untuk membandingkan 3 buah tablet pc yaitu Apple iPad, Samsung Galaxy Tab, BlackBerry PlayBook. Maksudnya tidak lain agar diperoleh informasi yang relatif lengkap jika seandainya user berminat membeli salah satu dari ketiga tablet pc tersebut di atas.
Penting dicatat oleh user bahwa saat ini belum ada informasi mengenai harga yang ditawarkan untuk BlackBerry PlayBook dan Samsung Galaxy Tab. Begitu pula mengenai kapan akan dipasarkannya BlackBerry PlayBook masih menjadi tanda tanya. Rumor yang ada menyebutkan akan hadir tahun 2011. Begitu juga mengenai daya tahan baterai PlayBook, lagi-lagi menurut rumor dapat mencapai 8 jam. Lebih lama dibandingkan Samsung Galaxy Tab namun kurang daripada kemampuan iPad. Belum lagi masalah kapasitas internal storage yang dibenamkan pada PlayBook. Salah satu sumber menyebutkan bahwa tersedia dengan kapasitas 16GB dan 32GB.
BlackBerry PlayBook menggunakan Operating System BlackBerry Tablet OS. Prosesor menggunakan 1GHz dual-core (iPad dan Galaxy Tab juga menggunakan 1GHz tetapi single-core) dan mengandalkan RAM sebesar 1GB (2x Galaxy Tab & 4x dari iPad). PlayBook menyediakan dual camera (seperti Galaxy Tab), 5MP di bagian belakang dan 3MP di depan (Galaxy Tab 3MP di belakang & 1.5MP di depan sedangkan iPad tidak memberikan fitur camera sama sekali). PlayBook mampu merekam 1080HD video menggunakan kamera bagian belakang serta dapat diputar di external display via port microHDMI (Galaxy Tab juga punya fasilitas ini hanya harus melalui dock terpisah).
Tabel spesifikasi dan fitur ketiga tablet pc dapat dilihat melalui gambar di bawah ini (klik untuk memperbesar/ klik kanan dan 'Open In The New Tab):
Free Image Hosting by FreeImageHosting.net
Sedangkan informasi selengkapnya dapat dilihat di sumber tulisan ini yakni PCWorld.
(sumber: PCWorld.com-Daniel Ionescu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...