Sabtu, 17 April 2010

CPU Cooler: Nexus VCT-9000

Nexus, produsen periferal pc yang punya cukup banyak varian produk. Di antaranya adalah cpu cooler Nexus VCT-9000. Penulis pernah membahas hal ini dalam artikel CPU Cooler Dari Nexus: VCT-9000. Ketika itu cpu cooler ini belum resmi dirilis. Kini setelah diluncurkan ke pasar Amerika Serikat dengan harga US$70, ada baiknya dilihat terlebih dahulu 'kemampuannya'. Dengan heatsink berbentuk menara (tower) yang umumnya dapat menghasilkan performa baik, apakah cpu cooler ini mampu menghasilkan pendinginan yang maksimal? Sayang, penulis tidak dapat menemukan kisaran harganya di Jakarta.
Spesifikasi Nexus VCT-9000:
* Application: Socket 775, 1156, 1366, AM3, AM2+ and AM2 processors.
* Fins: Aluminum.
* Base: Aluminum, with heatpipes in direct contact with the CPU.
* Heat-pipes: Five copper heat-pipes.
* Fans: 120 mm.
* Nominal fan speed: 1,600 RPM.
* Fan air flow: Not informed.
* Maximum power consumption: Not informed.
* Nominal noise level: 22 dBA.
* Weight: 1.46 lbs (635 g).
* More information: http://www.nexustek.nl/
* Average price in the US*: US$70.00.

Paket penjualannya terdiri dari cpu cooler berikut fan 120mm yang sudah terpasang, manual, hardware pelengkap instalasi dan thermal compound.
Hardware Secrets menilai negatif cpu cooler yang satu ini. Dengan harga US$70 tetapi dengan performa yang minim. Hampir tidak ada nilai positif yang dapat menjadi kelebihannya. Kecuali bentuk desainnya yang unik dan menarik serta kemampuan fan yang tidak berisik. Namun hal itu tidaklah cukup tanpa performa pendinginan yang baik, bukan? Hanya satu kesimpulan yang ada: hindari cpu cooler ini.
(sumber: Hardware Secrets-Rafael Otto Coelho dan Nexus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...