Jumat, 12 Maret 2010

CPU Cooler: Gelid Tranquillo

Desainnya berbentuk menara dengan 4 buah heatpipe dengan model U. Dilengkapi fan berukuran 120-mm. Fisiknya sangat mirip dengan beberapa cpu cooler produk lain, kaku dan sedikit membosankan. Tetapi dengan harga sekitar US$40 tampaknya cukup menggoda untuk diketahui performanya.
Didesain sedemikian rupa agar angin yang berhembus dari fan seluruhnya melalui heatsink agar hasil pendinginannya maksimal. Begitu pula dengan peletakan heatpipe membuat hembusan angin segar dapat menggapainya dengan sempurna. Bagian cooler ini yang bersentuhan langsung dengan cpu, berbahan tembaga yang dipoles hingga sangat halus. Fan yang berukuran 120-mm mempunyai sirip berwarna putih dibalut dengan bingkai hitam legam. Dilengkapi dengan PWM automatic speed control dan konektor 4 pin. Yang menarik adalah kabelnya dibungkus dengan plastik yang menawan. Cara peng-install-an cooler ini relatif mudah.
Berikut adalah spesifikasinya:
Application: Socket 775, 1156, 1366, AM3, AM2+, AM2, 940, 939 and 754 processors.
Fins: Aluminum.
Base: Copper.
Heat-pipes: Four U-shaped copper heat-pipes.
Fan: 120 mm.
Nominal fan speed: 1,500 RPM.
Fan air flow: 58 CFM.
Maximum power consumption: 2.16 W.
Nominal noise level: 25.5 dBA.
Weight: 1.4 lbs (645 g).
More information: http://www.gelidsolutions.com/
Kisaran harga: USD 40.00
Meski penampilanya mirip dengan beberapa produk lain tetapi performanya pun menyamainya bahkan tingkat kebisingan (noise) yang dihasilkan jauh lebih rendah dari produk lain, cenderung senyap. Sesuai dengan namanya "tranquillo" dalam bahasa Italia yang berarti tenang. Harganya pun di bawah produk sejenis. Tetapi tampilannya tanpa 'blink-blink' (tak ada asesoris lampu LED). Hardware Secrets yang menguji cooler ini bahkan memberinya Golden Award, sebuah penghargaan bagi produk terbaik di kelasnya.
(sumber: Hardware Secrets dan gelidsolutions)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...