Senin, 15 Februari 2010

Search Engine: Jaga Privasi Dengan Scroogle

Apabila ingin mencari informasi mengenai sesuatu di internet, user tinggal mengetikkan kata kunci di kolom search lalu tekan enter. Voila! Sederet informasi yang dicari, relevan maupun tidak, akan muncul di halaman web. Search engine yang digunakan bisa bermacam-macam antara lain adalah Google, Yahoo, Bing dan Ask.
Memang masih banyak search engine lain yang ada dan juga umum dipakai tetapi yang umum ada di web browser adalah yang tersebut di atas. Akan tetapi tahukah anda bahwa setiap kata kunci yang kita ketikkan di kolom search akan dicatat oleh search engine yang bersangkutan dan 'catatan'nya pun tersimpan rapih di dalam pc kita dalam bentuk cookies. Dengan adanya rekaman data pencarian tersebut maka dengan mudah orang mengetahui aktifitas pencarian yang kita lakukan. Otomatis pula orang yang tidak bertanggung jawab dapat memanfaatkannya.
Untuk memenuhi kebutuhan privasi itulah maka Scroogle dilahirkan. Search engine ini tidak merekam data pencarian, juga tidak tersimpan dalam cookies dan setiap log yang ada akan dihapus setelah 2 hari. Searche engine ini pun dapat ditambahkan ke dalam web browser. Saat ini baru Firefox, IE7 dan IE8, Opera dan Chrome yang disupport.
Tertarik mencoba dan ingin tahu lebih lanjut? Arahkan browser anda ke www.scroogle.org. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...