Selasa, 15 Desember 2009

Pionir : Micron Meluncurkan Solid State Drive 6Gbps SATA


Micron Meluncurkan 6Gbps SATA Solid State Drive

Solid State Drives (SSD) yang ada di pasaran saat ini kecepatan transfer data maksimalnya adalah 300 MB/detik (s). Hal ini disebabkan oleh karena antar muka yang digunakan adalah SATA II (yang kecepatan maksimalnya 300 MB/s). Oleh karena itu maka para produsen SSD banyak yang beralih menggunakan antar muka PCIe.
Dengan dikeluarkannya motherboard-motherboard baru yang memiliki antar muka SAATA 6Gbps, maka secara teoritis dimungkinkan diproduksinya SSD yang juga mendukung kecepatan 6Gbps.
Belum lama ini Micron, salah satu produsen SSD mengumumkan akan meluncurkan produk anyarnya RealSSD C300. Menurut info dari Hardwaresecret dot com, Micron merupakan produsen pertama yang akan membesut SSD dengan kecepatan 6Gbps (wow!). Juga pionir yang menerapkan ONFI 2.1 high-speed synchronous NAND, sehingga Micron merupakan produsen pertama yang melansir SSD dengan antar muka SATA tercepat saat ini.
“The C300 SSD not only delivers on all the inherent advantages of SSDs – improved reliability and lower power use – but also leverages a finely tuned architecture and high-speed ONFI 2.1 NAND to provide a whole new level of performance,” kata Dean Klein, Vice President of Memory System Development for Micron.
Kemampuan membaca SSD Micron C300 sampai dengan 355 MB/s dan untuk menulisnya sampai dengan 215 MB/s. Namun data kemampuan 'random read/write' belum tersedia. Video hasil benchmark dapat dilihat di micronblogs.com.
C300 dibuat dengan menggunakan 34nm MLC NAND flash (flash kontroler terbaru) dari IM Flash Tech, perusahaan joint venture Micron dan Intel. Firmware-nya dibuat bekerja sama dengan Marvell Technology Group.
Meski mendukung kecepatan 6Gbps tetapi Micron C300 masih dapat digunakan pada antar muka SATA II (300 Mbps). Rencananya Micron C300 akan diluncurkan dengan kapasitas 128 GB dan 256 GB, tersedfia dengan form factor 1.8" dan 2.5". Cache memory-nya 2GB dengan menggunakan DDR3 DRAM. Micron C300 akan memasuki pasaran dunia pada kuartal pertama 2010 dan tersedia pertama kali di Crucial dot com, yang memang menjual produk-produk SSD dan memori buatan Micron.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...