Rabu, 25 November 2009

Yang HOT dari Google Translate


Meski telah mengeluarkan Google Translate Client (aplikasi penterjemahan yang diinstal pada komputer user), ternyata Google tetap merasa perlu untuk meng-update fasilitas Google Translate. Sebuah layanan penterjemahan online.
Ada beberapa fitur baru yang ditambahkan. Antara lain, dihilangkannya tombol 'Translate'. Mengapa demikian? Ternyata sekarang Google melakukan penterjamahannya secara on the fly/ real time. Maksudnya, Google langsung melakukan penterjemahan saat kita mengetikkan kata-kata pada kolom yang tersedia. Cukup menarik bukan?
Fitur kedua adalah ditambahkannya layanan penulisan secara alphabetikal bagi teks berbahasa Arab, Persia dan Hindu. Maksudnya, kita dapat mengetikkan lafal bahasa-bahasa tersebut di atas dengan menggunakan alphabet biasa. Karena tentu sebagian dari kita akan merasa kesulitan jika harus menulis dalam bahasa aslinya. Fasilitas ini sangat membantu.
Terakhir, ditambahkannnya tombol speaker. Tentu ini dimaksudkan agar kita dapat mendengarkan secara audio hasil terjemahan kita. Namun saat ini hanya hasil terjemahan ke dalam bahasa Inggris saja yang dapat di-audio-kan. Di masa depan siapa tahu ada juga fasilitas audio untuk bahasa-bahasa lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...