Jumat, 27 November 2009

Seputar DirectX

Sebagian besar dari kita tentu mengenal DirectX. Namun tidak sedikit juga yang bertanya apa sih fungsi dan kegunaannya. Berikut ada sedikit informasi yang ingin saya bagikan.
Aplikasi game dan multimedia adalah program yang sangat membutuhkan DirectX agar dapat berjalan mulus. Kenapa? Pertama, arsitektur PC utamanya bukan untuk platform game dan multimedia. Kedua, spesifikasi teknis antar PC yang berbeda satu sama lain (PC milik A sangat mungkin berbeda dengan milik B, begitu seterusnya). Sedangkan sebuah konsol game berisi spesifikasi hardware yang sama.

Untuk itulah maka Microsoft perlu memperkenalkan standar umum yang semua game dan aplikasi multimedia dapat ikuti - sebuah antarmuka yang umum antara OS dan hardware apapun yang terinstal pada PC. Interface umum ini adalah DirectX.
DirectX adalah sebuah antarmuka yang dirancang untuk membuat tugas-tugas pemrograman tertentu lebih mudah, baik untuk pengembang game maupun yang hanya ingin memutar film-film terbaru.
DirectX merupakan sebuah antarmuka antara hardware dalam PC Anda dan Windows itu sendiri, bagian dari Windows API atau Application Programming Interface. Mari kita lihat contoh praktis. Ketika seorang pengembang game ingin memutar file suara, ia cukup menggunakan fungsi library yang benar. Ketika game berjalan, ia (fungsi library yang benar) memanggil DirectX API, yang pada gilirannya akan memutar file suara. Pengembang tidak perlu tahu jenis sound card yang dia hadapi, apa itu mampu, atau bagaimana berbicara kepadanya. Microsoft telah menyediakan DirectX, dan pabrikan sound card telah menyediakan driver yang berkemampuan DirectX. Dia meminta file suara untuk dimainkan, maka dimainkanlah - apapun jenis soundcard-nya.

Dengan begitu banyak versi DirectX, maka sebagai pedoman umum, sebuah aplikasi yang meminta di-install-nya DirectX versi tertentu, aplikasi itu tidak akan berjalan jika DirectX yang ter-install di PC kita lebih rendah dari yang diminta. Misal, sebuah game meminta kita meng-install DirectX 7 padahal kita tahu yang ter-install di PC kita adalah versi 9 maka kita tidak perlu menginstall-nya. Bagaimana cara mengetahui versi DirectX yang ter-install pada PC kita? Klik Start - Run - dan ketik 'dxdiag' (tanpa tanda kutip) pada kotak yang tersedia.

2 komentar:

  1. boleh tanya?,,,di komputer ku directX nya udah versi 9.0c , OS nya windows XP SP2 . suaranya skarag kuq jadi pelan ya gak seperti biasanya?itu knpa?apa bnr directX nya perlu di update??
    trimakasih,,,,

    adja.chika@rocketmail.com

    BalasHapus
  2. @adja.chika
    apakah sound drivernya sdh ter-install dg sempurna... coba un-install lalu install ulang sound drivernya.. smoga membantu..

    BalasHapus

No SPAM please...