Minggu, 29 Januari 2012

Tor Browser: Menjelajah Dunia Maya Secara Lebih Aman

Sebagian user mungkin sudah pernah mendengar bahkan telah menggunakan web browser ini, Tor Browser. Tor merupakan free software dan sistem jaringan yang terbuka untuk umum. Tujuannya adalah guna melindungi user dari segala bentuk pengintaian aktivitas browsing, yang jelas akan melanggar privasi, kegiatan bisnis yang sifatnya rahasia dan lain-lain. Proses memata-matai ini umum dikenal sebagai traffic analysis. Tor Browser tersedia dalam beberapa versi Operating System, antara lain: Linux, Microsoft Windows & Mac OS X. Tor Browser dibundel dalam paket Firefox, tentunya dengan modifikasi dari para punggawanya. Hebatnya, Tor Browser adalah Portable sehingga tidak memerlukan proses instalasi dan mudah diletakkan serta dijalankan melalui flashdisk.
Fitur yang dimiliki Tor Browser sehingga mampu meminimalisir resiko seperti disebutkan di atas antara lain:
1. Setiap proses transfer data diacak melalui beberapa lokasi sehingga sukar dilacak (bukan berarti tidak mungkin lho..);
2. Paket data yang ditransfer melalui Tor Browser selalu dienkripsi, membuatnya sukar di'baca';
3. Menjelajah dunia maya secara Anonymous meski tidak sepenuhnya.
Untuk mengetahui lebih lengkap cara kerjanya dapat dilihat di situs resmi Tor Project. Sedangkan link download Tor Browser silakan klik Download dan pilihlah sesuai dengan operating system komputer anda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No SPAM please...